PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PAJAK, PEMAHAMAN PERATURAN SERTA SANKSI PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI (PADA KANTOR PELAYAN PAJAK PRATAMA CURUP)
Keywords:
Kualitas Pelayanan, Pemahaman Peraturan, Sanksi dan KepatuhanAbstract
This study aims to determine the influence of the quality in taxservices and the understanding of the regulation in taxation and tax penalties for submission of individual taxpayers in paying taxes in 2024 (Survey On The Pratama Curup Tax Service Office). The population in this study is the Individual Taxpayer (WPOP) Pratama Curup Tax Services Office (KPP). The samples in this research are taking from 100 taxpayers. The data collecting method is by giving questionnaire. The questionnaire validity and reability then were examined before collecting research data. Data analysis techniques in this research used classic assumption test, and multiple linear regression analysis. The results of this study indicate that the quality of tax services, understanding of tax regulations, and tax sanctions have an effect on individual taxpayer compliance at the Curup Pratama Tax Service Office (KPP).
References
Ayunda, N. G. (2019). “Kesadaran Perpajakan, Sanksi Pajak, Sikap Fiskus terhadap Kepatuhan WPOP di Kabupaten Minahasa Selatan”. Jurnal EMBA. Vol.1. No. 3. Hal. 999- 1008.
Burhan Nurgiyantoro. (2020). “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemauan Untuk Membayar Pajak Wajib Pajak Orang Pribadi Yang Melakukan Pekerjaan Bebas (StudiKasus Pada KPP Pratama Gambir Tiga)”. Dalam Symposium Nasional Akuntansi XIII Purwokerto 2010 : Universitas Jenderal Soederman.
Danang, Sunyoto. (2019). Pengaruh Pengetahuan Wajib Pajak, Administrasi Pajak, Tarif Pajak dan Sanksi Perpajakan terhadap Kepatuhan Pajak Pada Pelaku Usaha UMKM di Indonesia. Journal of Economics and Business, 4(2), 288-294.
Ernawati (2018). “Pengaruh Pengetahuan, Tarif Pajak, dan Sanksi Pajak terhadap Keptuhan Wajib Pajak Orang Pribadi yang Melakukan Kegiatan Usaha dan Pekerjaan Bebas di Kota Padang (Studi empiris pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kota Padang)”.Artikel Ilmiah. Program Studi Akuntansi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Padang.
Ghozali, Imam. (2019). “Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23”. Semarang: BP UNDIP.
Gusar (2018).“Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Pemahaman Peraturan Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Wirausahawan dalam Membayar Pajak Penghasilan diKPP Pratama Gianyar”.Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi(JPPE).Vol.7.No.2 ISSN 2442 - 9449
Kusuma, K. C. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Pajak, Pemahaman Peraturan Perpajakan serta Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi dalam Membayar Pajak Tahun 2014. Skripsi, 2014, 1–171.
Lovihan, Siska. (2018). “Pengaruh Kesadaran Membayar Pajak, Pengetahuan dan Pemahaman Peraturan Perpajakan, dan Kualitas Layanan Terhadap Kemauan Membayar Pajak Wajib Pajak Orang Pribadi di Kota Tomohon.”Akuntansi Dewantara. Vol.2 No.1
Mardiasmo. (2018). Perpajakan.Yogyakarta : ANDI Yogyakarta.
Mutia, S., P.T. 2018. Pengaruh Sanksi Perpajakan, Kesadaran Perpajakan, Pelayanan Fiskus, Dan Tingkat Pemahaman Orang Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi Empiris pada Wajib Pajak Orang Pribadi yang terdaftar di KPP Pratama Padang). Skripsi. Universitas Negeri Padang. Padang.
Rahman, K. J. 2018. Pengaruh Pengetahuan Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pribadi. Skripsi. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA). Surabaya.
Ritcher, Jr. (2020). “Pengaruh Pemahaman Wajib Pajak dan Kualitas Pelayananterhadap Kepatuhan Wajib Pajak Badan”. E-Proceding of Management. Vol. 2. No. 2. ISS N 729 - 737
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2009 Tentang Perubahan Ketiga Atas Undang-Undang Nomor 6 Tahun 1983 Tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan. Diambil dari: www.dpr.go.id pada Tahun 2025